Kamis, 12 Mei 2011

Cara Mencapai Jantung Sehat

Perubahan status sosial ekonomi seseorang akan diikuti dengan gaya hidup dan pola hidup. Seorang karyawan yang ekerja dari strata bawah dan dengan bertambahnya pengalaman diikuti prestasi kerja yang baik akan merasakan perubahan status. Awal masuk menjadi seorang staf, sepuluh tahun kemudian akan meningkat menjadi pejabat. Tentu juga diikuti dengan status berbeda dari awal kariernya. Pergaulan yang biasa dengan karyawan akan berubah menjadi seorang yang harus juga bergaul dengan sesama pemegang jabatan dengan status ekonomi dan sosial yang lebih tinggi. Contoh yang sederhana bila saat menjadi karyawan atau staf bila ingin makan cukup di warteg dengan nasi pecel lauk tempe dan ssekali ditambah ayam sepotong. Tetapi bila derajat meningkat naik mengikuti status kepegawaian dan memiliki anak buah tentu tidak akan makan di warteg lagi. Untuk menikmati makanan mau tidak mau masuk restoran dengan menu yang juga tidak sekedar tahu goreng dan tempe bacem. Walaupun ada juga perkecualian beberapa orang tidak mengubah pola hidup dan gaya pergaulannya. Menu makan yang tinggi kolesterol, dengan minuman soft drink atau disertai dengan suguhan rokok sebagai teman minum kopi di cafe.
Semua perubahan diatas tanpa disadari akan berdampak pada kesehatan pada umumnya dan tentu kesehatan organ vital kita yaitu jantung. Beberapa sumber mangatakan bahwa pembunuh utama manusia modern saat ini adalah penyakit jantung. Oleh sebab itu tulisan ini sekadar sebuah peringatan dan berisi tips sedehana yang mingkin bermanfaat bagi siapa saja yang membaca, Mungkin bukan bacaan satu-satunya akan tetapi saya berbagi saja bagi yang mengunjungi. Agar jantung kita tetap sehat apalagi bila usia telah melewati 30 tahun  ada bebrapa tips sebagai berikut :
1. Bila anda merokok segera hentikan kebiasaan itu walaupun terasa sulit. Bila anda belum pernah merokok,  jangan sekali-kali mencoba rokok.
2.  Hindari makanan yang terlalu asin dan berlemak
3. Olahraga teratur 3-4 kali dalam seminggu
4. Ukurkan tekanan darah anda dan pertahankan tetap dalam batas normal
5. Jagalah berat badan tetap ideal dengan cara sederhana, karena ada berbagai cara menghitung berata bada normal, yaitu Tinggi badan anda dikurang 100. Contoh bila anda memiliki tinggi badan 157 maka berat badan ideal anda adalah 57 kg
6. Cukup istirahat dan sediakan waktu untuk santai. Istirahat tidak harus tidur tapi sediakan waktu sekitar 30 menit untuk anda tidak dalam berpikir, bekerja secara fisik.
7. Hindari minum minuman keras yang berlebihan, artinya ada saatnya mungkin undangan pesta yang menyajikan minuman keras. Sekedar penghangat tubuh sati sloki atai kira-kira 30-50 cc cukup.
Nah, tips ini tidak sulit bukan untuk kita ikuti terutama bagi anda yang bergaya metropolis, karena tuntutan karier dan gaya hidup mengikuti status sosial ekonomi yang meningkat. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati.

2 komentar:

  1. Kalo ngomongin soal jantung, saya jadi teringat anak saya yang beberapa waktu lalu meninggal karena kelainan jantung saat lahir.

    Untuk itu bagi yang saat ini memiliki jantung yang sehat, jagalah baik2 jantung Anda.. Syukuri segala nikmatnya..

    BalasHapus
  2. Oya.. sayasampaikan terima kasih atas kunjungan Anda beberapa waktu lalu di blog saya..
    salam kenal dan persahabatan
    belajarlevelsatu.blogspot.com

    Saran:
    Untuk setting pada komentarnya, tolong diaktifkan setting untuk semua orang yang akan berkomentar (user id). karena itu merupakan salah satu penyebab orang malas berkomentar..

    (hehe maaf komentarnya panjang)

    trims

    BalasHapus