Kamis, 23 Juni 2011

Kendalikan Kadar Kolesterol Darah Anda.

Pengendalian Kadar Kolesterol dalam darah sangat penting bagi kehidupan kita. Mengapa penting karena kolesterol berperan dalam peredaran darah kita. Darah manusia membawa oksigen dan nutrisi atau zat makanan yang dibutuhkan bagi metabolisme tubuh. 

Pengendalian kadar kolesterol dalam darah sudah harus dilakukan setiap orang, bila usia telah beranjak. Usia 40 tahun bahkan sekarang pada usia 30 tahun telah terjadi peningkatan kadar kolesterol pada sebagian kaum muda Indonesia. Apalagi mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadi pergeseran kelainan seperti ini, dengan kehidupan yang penuh dengan kesibukan dan tidak lagi memiliki waktu cukup untuk menyantap makanan sehat maka kecenderungan kelainanpun meningkat.

Pada tulisan tentang kesehatan kali ini akan dibagikan beberapa hal menyangkut kadar kolesterol darah. Data tentang berapa banyak orang yang memiliki kolesterol tinggi. Juga dibeberkan singkat tentang penyebab kadar kolesterol tinggi, makanan apa saja khususnya yang mengandung protein apa yang tinggi kolesterol dan tips mengendalikan kadar kolesterol.
Harapan tulisan ini adalah mengingatkan kita untuk tetap menjaga pola makan,menyantap makanan sehat dan hidup dikendalikan oleh dan untuk kita.

Berdasarkan data yang pernah dilakukan oleh sebuah lembaga survey pada bulan Desember tahun 2008 di enam kota besar Indonesia didapatkan data bahwa satu dari lima orang Indonesia yang berusia diatas 30 tahun memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi.

Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi :
  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan berkolesterol tinggi secara berlebihan.
  2. Pencandu rokok, kopi dan peminum miras/minuman berkadar alkohol tinggi.
  3. Kurang olahraga. sering mengalami sters dan usia diatas 30 tahun.
  4. Bagi yang memilki riwayat tekanan darah tinggi juga menjadi penyebab kadar kolesterol tinggi.
  5. Mengidap penyakit degeneratif lain seperti diabetes melitus/kadar gula darah tinggi. 
  6. Berat badan berlebihan/obesitas dan yang menderita penyakit jantung koroner.
Bahan Makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi antara lain :
Otak sapi adalah makanan yang paling tinggi kadar kolesterol, disusul ginjal sapi, jerohan (hati dan rempela). kuning telur dan udang.
Sedangkan bahan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi adalah daging babi, daging sapi, daging kambing. Daging ayam dan ikan hanya sedikit mengandung asam lemak jenuh.

Bagaiman cara kita terhindar dari kadar kolesterol darah yang tinggi dan mengapa perlu menghindar dari masalah ini.
Kadar kolesterol berlebihan dalam darah atau seringkali dituliskan dalam istilah kedokteran Hiperkolesterolemia akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat menyebabkan Serangan Jantung dan Stroke.
Yang perlu kita perhatikan adalah Kadar kolesterol tinggi dalam darah tidak menunjukkan gejala apapun. Bila kita flu misalnya ada gejala yang dirasakan seperti badan sakit, keluar ingus dll, tapi kolesterol tinggi tidak menampakkan gejala. Hanya dengan pemeriksaan darah di Laboratorium yang membuktikan bahwa kadar kolesterol kita menunjukkan normal, rendah atau tinggi.

Apa saja Tips bagi kita agar terhindar dari Kadar Kolesterol Tinggi.
  • Terapkan pola makan yang sehat dengan menghindari makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi seperti yang tertulis diatas.
  • Berolahraga secara teratur 3-5 kali seminggu selama kurang lebih tiga puluh menit
  • Sedapat mungkin hindari stress tinggi dan waktu yang panjang
  • Hentikan rokok, kurangi konsumsi kopi, dan tidak menenggak minuman keras, bagi yang belum merokok/miras jangan sentuh rokok/miras.
  • Lakukan pemeriksaan kolesterol secara berkala, yang sekarang sudah bisa dilakukan dengan alat yang dimiliki bukan saja di Laboratorium tapi juga di klinik kesehatan/dokter.
Sampai disini dulu tulisan tentang Kolesterol dan akibat serta cara menghindarinya.
Semoga bermanfaat, dan bila ingin berbagi disilahkan koment ya.............ditunggu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar